Maret 31, 2018
0


Zonapapuanews. Suva. Selain Papua New Guinea (PNG), yang tidak menginginkan Forum Melanesian Spearhead Group Angkat Isu Kemerdekaan Papua, kini Fiji kembali menentang Gerakan papua merdeka dan memperkecil peluang United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) untuk menjadi anggota tetap pada organisasi MSG.

Fiji sepakat bahwa Papua merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bingkai negara kesatuan Republik Idonesia, dan ULMWP hanyalah organisasi atau sebuah kelompok yang menurut mereka tidak dapat tergabung dalam MSG dengan melihat tujuan awal dari pembentukan MSG itu sendiri.

Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama mengatakan bahwa, Fiji sangat kuat dalam memegang prinsip dari tujuan awal pembentukan MSG.

”Kami tidak mau merubah prinsip dasar dari pembentukan MSG itu dengan dimasuki oleh kelompok atau organisasi yang di negara asalnya merupakan kelompok yang telah di cap pemberontak di negaranya sendiri sehingga mereka tidak mau mendukung kelompok-kelompok tersebut”. Kata Frank Bainimarama kepada jubi.

Frank menambahkan, Fiji merupakan negara yang sangat menghargai kedaulatan Indonesia atas papua sehingga dasar itulah Fiji tetap berpegang teguh pada tujuan awal pembentukan MSG.

“MSG dibentuk bukan untuk berjuang memerdekakan suatu daerah menjadi sebuah negara. MSG adalah organisasi yang fokusnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi antara negara-negara Melanesia”. PM Fiji, Frangk Bainimarama. ***zpn***.

0 komentar:

Posting Komentar