Maret 28, 2018
0


Zonapapuanews.- Timika. Pembakaran Rumah Sakit, Sekolah dan Gedung Shoping serta 1 rumah milik warga  di kampung Wa banti tidak diragukan lagi pelakunya adalah kelompok KKSB wilayah tembagapura.

Data yang berhasil dihimpun dari salah satu warga dari Banti yang turun ke kota mimika mengatakan bahwa, sebenarnya awal terjadinya pembakaran karena adanya ketidak cocokan antara kelompok KKSB Kali Kopi, Kelompok Ilaga, dan Kelompok Sabinus Waker yang berada di Tembagapura.

Ketiga pimpinan dari kelompok ini saling memperebutkan jabatan tertinggi yang selama ini dijabat oleh almarhum Theny Kwalik yang meninggal akibat menderita penyakit Aids. Menurutnya bahwa ketiga pimpinan kelompok KKSB ini ingin menjadi Panglima TPN-PB wilayah Tembagapura.

Namun sampai saat ini belum ada pergantian jabatan Panglima TPN-PB untuk wilayah tembagapura.

Lebih lanjut ia menceritakan kalau sebelum terjadinya pembakaran Rumah Sakit, Sekolah Dasar, Gedung Shoping dan Salah rumah warga sebenarnya warga sudah disiksa oleh kelompok Sabinus Waker, atas kekesalan Sabinus Waker terhadap pimpinan Kelompok lainnya warga di tiga desa mendapat penyiksaan dan warga yang keluar masuk diawasi oleh mereka.

“Sabinus Waker selalu melakukan penyiksaan terhadap warga yang berada di 3 desa yaitu Desa Wa, Banti 2 dan banti 1, mereka juga menolak pos keamanan yang rencananya akan dibangun oleh pemerintah di Banti,”terangnya.

Setelah aksi pembakaran yang dilakukanoleh Sabinus Waker, kelompok KKSB dari Kali Kopi mengutuk tindakan yang dilakukan oleh Sabinus karena tindakan tersebut sangat merugikan orang papua sendiri, mengapa harus mengorbankan orang papua, Sabinus Waker hanyalah seorang pengecut yang harus banyak belajar tentang kemanusiaan, mengakhiri perbincangannya. ***zpn***

0 komentar:

Posting Komentar