Maret 19, 2018
0


Zonapapuanews. Fiji – Negara-Negara anggota Melanesian Spearhead Group (MSG), mempertahankan status Indonesia sebagai anggota penuh dalam pertemuan ke-21 Para Pemimpin MSG pada 10-15 Februari 2018, lalu di Port Moresby Papua Niuw Guinea (PNG).

Lima negara anggota MSG yang mempertahankan status Indonesia sebagai Anggota penuh MSG adalah Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Vanuatu dan Gerakan Kanaks FLNKS di Kaledonia Baru.

Menteri Pertahanan Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, mengungakapkan bahwa, sejak pertemuan puncak di Honiara pada tahun 2015 lalu, yang mana Manasseh Sogavare saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Kepulauan Solomon dan Ketua MSG, menerima Indonesia dan memberikan status penuh kepada Indonesia sebagai anggota MSG.

Ratu Kabuabola, yang merupakan seorang Rektor kepala di University of Hawaii Center for Pacific Islands Studies, mengatakan sejak diberikan keanggotaan, Indonesia tidak segan-segan dalam mendorong agenda utamanya di MSG serta berkat partisipasi Indonesia, hasilnya sangat luar biasa bagi negara-negara melanesia.

“Banyak Sekali Pembangunan yang Nampak di negara-negara Melanesia dan Indonesia termasuk salah satu negara yang sangat berperang penting untuk mendorong pemabangunan negara-negara Melanesia tersebut”. Ungkap Ratu Inoke Kubuabola.

Ratu Kubuabola kembali menegaskan bahwa, secara khusus, Organisasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), merasa terganggu dengan adanya keanggotaan Indonesia dalam MSG sehingga berbagai macam cara propaganda dipakai oleh ULMWP untuk menjatukan Indonesia salah satunya seperti pelanggaran HAM dan pembangunan masyarakat papua dalam segala bidang.

“Kami telah memberikan teguran keras kepada ULMWP bahwa, MSG bukan organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan suatu daerah. Kami adalah organisasi yang bergerak dalam pembanggunan dan ekonomi”. Tutur Ratu Inoke.

Oleh dan sebab itu, kami minta ULMWP menghargai segala keputusan MSG. karena ULMWP bukan sebuah negara melainkan sebuah organisasi yang hanya berjuang demi kepentingan pribadi. Tidak ada sumbangsih dari ULMWP untuk negara-negara Melanesia. ULMWP kerjanya hanya minta bantuan dan minta bantuah toh. Tutup Ratu Inoke Kubuabola. ***zpn***

0 komentar:

Posting Komentar