Desember 20, 2017
0

"Pemilu harus berintegritas, sehingga perlu disiapkan calon Pemimpin yang mempunyai mental siap kalah dan siap menang"

Zonapapuanews.- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, salah satu tokoh masyarakat yaitu wakil ketua I dewan adat Wilayah Yapen atau yang dikenal dengan nama Yunus Lodik Waimury meminta masyarakat, paslon terutama komisi pemilihan umum (KPU) selaku penyelenggara harus mampu menciptakan kedamaian dan keamanan di tanah papua. Selasa (18/12/17).
Wakil Ketua I dewan adat wilayah yapen menyebutkan, masyarakat yapen yang terdiri dari 7 suku, 160 kampung, 5 kelurahan dan 16 distrik siap mengamankan pilkada pemilihan gubernur yang akan dilaksanakan pada juni mendatang.
Saat diwawancarai, Yunus meminta kepada penyelenggara pemilu harus punya integritas, sehingga perlu disiapkan mentalnya. Sebab, terkadang dari penyelenggara pemilu yang justru membuat kekacauan, sehingga hak politik masyarakat tidak tersalurkan dengan baik.
Selain itu dirinya menyarankan dalam pilkada nanti adanya pengawasan langsung dari polri dalam hal ini polresjajaran untuk memperhatikan seleksi – seleksi yang dilakukan KPU maupun panwas kepada mereka yang terlibat sebagai penyelenggara aman dan tidaknya pelaksanaan pilkada nanti tak terlepas dari dukungan semua pihak dan ini menjadi tanggung jawab bersama
Yunus menegaskan agar Gakumdu dapat bertindak tegas, ataupun yang melakukan kesalahan harus diproses hukum tanpa adanya sistem tawar menawar layaknya sayur mayur ataupun ikan di pasar yang bisa ditawar.
Wakil Ketua dewan adat ini juga berpesan agar masyarakat yang ada di 7 suku di Yapen menjaga stabilitas apalagi memasuki Natal dan tahun baru, yang menurutnya berpotensi konflik pilkada gubernur 2018 mendatang akan menurun. Hal tersebut karena masyarakat tidak terlibat secara langsung namun demikian, kewaspadaan itu harus tetap terjaga. 
By Admin

0 komentar:

Posting Komentar