Desember 20, 2017
0
Papua Menuju Pilkada Damai 2018

Zonapapuanews.- Ketua LMA Kab. Jayapura Kepala Suku Besar Adat Tami Martinus Maware,S.H menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat bersikap Professional dalam Pilkada 2018, mengacu pada Pilkada Bupati periode  2017 lalu yang sangat mencederai apa yang menjadi keinginan masyarakat. Hal ini dikatakannya kepada media di kediamannya, Jumat (15/12/2017).

Martinus menghimbau kepada seluruh masyarakat adat Provinsi Papua yang berada di gunung-gunung , dilembah dan di pesisir pantai serta para pelajar dan mahasiswa untuk tetap menjadi masyarakat yang professional, sehingga dalam melaksanakan pesta demokrasi yang akan diikuti 7 kabupaten dapat memberikan pemahaman baik kepada masyarakat yang belum paham arti daripada memilih seorang pemimpin.

“Saya mengajak Putra Putri Papua, LSM dan Ormas untuk selalu memberikan saran, usul dan masukan kepada seluruh bakal calon, sehingga apa yang menjadi harapan dari masyarakat dapat mewujudkan pembangunan dan bukan perselisihan, politik uang serta mobilisasi massa yang digunakan untuk arah yang negative,” kata Martinus.

Tiga kriteria calon pemimpin yang perlu diperhatikan, lanjut Martinus Maware, yaitu pertama bagaimana seorang pemimpin melakukan hubungan baik dengan pemerintah, baik pemerintah pusat atau daerah Provinsi dan Kabupaten, kedua harus membangun hubungan baik dengan anak bangsa di negeri ini. Dan ketiga selalu membangun hubungan baik terhadap orang-orang yang tersisihkan termasuk gerakan-gerakan separatis, karena mereka juga adalah rakyat.

“Calon Pemimpin kedepan harus punya slogan jitu, yaitu slogan yang membangun. Slogan yang mendamaikan, slogan yang mensejahterakan. Dimana slogan yang tidak mencederai masyarakat, contohnya slogan dari Gubernur Lukas Enembe yaitu Bangkit Mandiri dan Sejahtera,” ujar ketua LMA Jayapura.

Lebih lanjut, Martinus menghimbau kepada pendukung, tim sukses dan relawan para kandidat untuk mendukung Visi dan Misi bukan yang didukung orangnya, dimana visi misi yaitu hal yang penting untuk 5 tahun kedepan berguna bagi kemajuan masyarakat Papua.

“Kepada KPU dan panwaslu agar selalu netral dan tidak berpfihak kepada salah satu kandidat agar dapat melahirkan sesuatu yang bermanfaat, bermakna dan bernilai posisf bagi masyarakat di tanah Papua,” tutur Martinus.

Ketua LMA Kab. Jayapura mengajak kepada seluruh komponen masyarakat adat Papua dimanapun berada untuk mensukseskan Pemilikada Bupati dan Pemilukada Gubernur tahun 2018 yang damai di tanah Papua untuk menentukan pemimpin yang MANTAP.

“MANTAP adalah Maju, Andalkan Tuhan, Niat yang tulus dan kudus, Tekun, Ayomi dan Profesionalisme. Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat adat Papua untuk mensukseskan Pilkada Damai tahun 2018,” tutup Ketua LMA Jayapura Martinus Maware.

0 komentar:

Posting Komentar