September 15, 2015
12
SUARA SAGU NEWS- Jayapura, 15 September 2015. Perjuangan memperebut kembali hak kedaulatan Papua Barat dari tangan NKRI kembali hancur setelah beberapa tokoh perjuangan Papua Merdeka kembali mebuat ulah yang sangat memalukan Organisasi Papua Merdeka seperti yang dilakukan oleh Ketua KNPB Papua Victor Yeimo beberapa waktu lalu. Ketua KNPB Papua Victor Yeimo telah melakukan beberapa kasus yang sangat memalukan dirinya bahkan sampai ke tingkat Organisasi KNPB yaitu kasus penculikan anak di bawah umur seperti yang langsir oleh beberapa surat kabar lainya beberap waktu lalu. kemankah arah perjuangan ini jika hanya mengatasnamakan Papua Merdeka untuk mengumpulkan harta dan kekayaan pribadi.  hal tersebut di kemukakan oleh Penasehat KNPB Papua Habel Will yang didampingi oleh Ketua KNPB Wilayah Sentani Allen Halipo pada pertemuan minggu 13 September 2015 lalu di sekretariat KNPB wilayah setani di sentani. menurutnya, perjuangan Papua Barat bukan hal yang baru untuk diperjuangkan melainkan sudah lama sejak tahun 1962, namun sampai dengan saat ini, Papua Barat belum-belum juga merdeka. itu semua karena ulah dari para pejuang yang mengatasnamakan perjuangan Papua Barat demi kepentingan pribadinya. beliau kembali menegaskan bahwa, lebih baik organisasi Papua Barat ini dibubarkan saja dari pada hanya membohongi masyarakat dan masyarakat menjadi korban dimana-mana. Papua merdeka bukanlah yang dimaksud dengan merdeka secara Jasmani melainkan Merdeka secara Rohani. terkait dengan itu beliau juga mengatakan bahwa hasil pertemuan Forum Pasfic Island (PIF) di Pordmoresby Papua Newguinea sama sekali tidak membahas soal nasib Papua Merdeka melainkan membahas soal Perekonomian serta targetnya dan lebih khususnya adalah soal masalah perikanan dan perubahan iklim. para pemimpin negara-negara ras melanesia di pasific ternyata belum sehati dengan perjuangan ULMWP karena sebagai negara-negara yang merdeka, saling menghormati kedaulatan dan teritoli negara lain hal ini menunjukan sikap dewasa masyarakat internasional dalam menyikapi hubungan bilateral antar Negara. untuk itu, Penasehat KNPB Papua menyampaikan bahwa masalah Papua Merdeka sama sekali tidak di bicarakan di forum tersebut, sehingga kita yang berada di Tanah papua ini, tidak usah untuk banyak mengharapkan perwakilan-perwakilan yang hanya mengatasnamakan Papua merdeka untuk kepentingannya saja lebih baik kita membubarkan dari organisai terlarang (KNPB) ini guna untuk mengerjakan keselamatan kita menyongsong hari kedatangan Tuhan yang sudah dekat. beliau juga menegaskan bahwa pada kenyataanya perjuangan Papua Merdeka ini bukan saja dilakuan oleh Organisasi KNPB melainkan ada bermacam-macam organisani seperti, WPNA atau bintang 14,  WOIA, PDP, WPNCL, DEMMAK, TRPB, WESTPACO, dan DAP. 
1.   Tpn-Opm, organisasi yang bekerja dan berjuang. organisasi,tentara pembebasan nasional papua barat  (TPN) dari organisasi papua merdeka disingkat menjadi (OPM). dalam bahasa inggris the west papua national liberation army” dan organisasi menjadi the west papua liberation organization” yang disingkat menjadi (wplo) dengan symbol perlawanan dengan bendera bintang kejora (flag of morning star).organisasi ini berdiri dan berjuang dari tahun 1965 sampai sekarang: sifat organisasi : nasional
2.    WPNA, ATAU BINTANG 14, juga organisasi yang berjuang pertengahan tahun 1980-an untuk papua merdeka,dengan bentuk federasi,yang termasuk melanesia pasific.wpna adalah: west papua national autotrity, yang dapat diterjemakan dalam bahasa indonesia yaitu : Otoritas nasional papua barat. Kelompok ini berjuang dibawah ideology Dr.Thomas wanggai, dan sekarang dipimpin oleh edison waromi,Yakop Rumbiak ,Herman wanggai,Yona wenda dan kawan-kawan dengan symbol perlawanan  bendera melanesia atau bintang 14, sifat  organisasi: Masih Kategori Kelompok Atau Non Nasional.
3.    WOIA,west papua indigenous peoples association, adalah cabang organisasi orang pribumi inter nasional yang bekerja untuk mengakomodir hak-hak pribumi serta mengurus budaya dan semua hak yang di gelar,organisasi ini dibawah pimpinan Garel Waromi Dan Ronald Waromi.organisasi ini berdiri tahun 2000.sifat organisasi: bukan merupakan organisasi politik perjuangan,melainkan cabang organisasi HAM, dibawah badan komisi indigenous peoples perserikatan bangsa-bangsa.
4.    PDP, presidium dewan papua,yaitu badan organisasi politik bangsa papua,yang berdiri berdasarkan hasil kongres papua II di port numbay pada tahun 2000.organisasi ini berjuang dibawah komando Theys H Eluay sebagai ketua dan Tom  Beanal sebagai wakil serta Taha Alhamid sebagai sekjen dan beberapa panel.anton tabuni termasuk pengurus panel wilayah puncak jaya dan ilaga.setelah theys dibunuh oleh tni pada tanggal 11 november 2001,lembaga ini bungkam seribu kata,sampai kini belum berdaya untuk membawa aspirasi bangsa papua ke dunia internasional.resolusi-resolusi kongres pun belum dapat dilaksanakan,sifat organisasi: nasional.
5.     WPNCL, west papua national coalition loberation,yang diterjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah: koalisi nasional pembebasan papua barat.organisasi ini juga yang telah diprakarsai oleh yona weda,yacob rumbiak,herman wanggai,edison waromi dkk pada 2006 port villa vanuatu.organisasi ini adalah merupakan satu kesatuan dari organisasi wpna atau kelompok bintang 14 ideologi melanesia barat dari Dr.Thomas wanggai.sifat organisasi : masih kategori kelompok atau non nasional
6.     DEMMAK, dewan musyawara masyarakat adat kotega.organisasi ini dipimpin oleh benny wenda,elly togotly,enden wanimbo,damaskus karoba,sem karoba dkk.organisasi ini berdiri tahun 2000.bendera DEMMAK .sifat organisasi :masih kategori kelompok atau non nasional.
7.     TRPB,tentara revolusi papua barat.organisasi ini diprakarsai oleh Sem Karoba,Hans Karoba,Abison karoba,simon jikwa,elly togotly enden wanimbo,damaskus karoba dkk,dari organisasi demmak. organisasi ini berdiri awal tahun 2009 dan matthias wenda sebagai pangalima tinggi ,symbol perlawanan atau bendera belum jelas. sifat organisasi: masih kategori kelompok atau non nasional.
8.     WESTPACO,west papua community,yang diterjemakan dalam bahas indonesia adalah komunitas papua barat.organisasi ini lahir tahun 2011 dibawah komando darius kogoya,organisasi ini berasal dari orang merauke dan darius kogoya mengungsi di kiyungga lalu ketemu partai ini dan langsung bawa ke papua barat,selanjutnya,dideklarasikan di tingnabut puncak jaya pada tanggal pada tanggal 16-20 agustus 2011.selanjutnya Anton tabuni menjadi presiden atas organisasi ini dan gen.Naaman Goliath Tabuni menjadi panglima tinggi WESTPACO.dalam deklerasi ini telah membentuk negara papua raya,dengan symbol perlawanan bendera je odoan dan bahasa nasional adalah bahasa Lani,organisasi ini lahir atas prakarsa Evangelis Kogoya Sth. sifatnya organisasi: masih kategori kelompok atau non nasional.
9.   DAP,dewan adat papua,organisasi ini sebenarnya organisasi politik,melainkan mengatur adat dan budaya-budaya orang papua berdasarkan definisi kata customery counle of west papua.namun kelompok dap meneropos dengan lahapnya yang seakan-akan mereka adalh badan politik untuk memperjuangkan papua merdeka.hal ini kekeliruan besar,akhirnya semua hancur akhirnya mengorbankan agenda agenda rakyat untuk merdeka.organisasi ini dipimpin oleh: Forkorius Yaboysembut,Leo Imbiri,Lemok Mabel,Dominikus Surabut,Fadal Alhamid Dkk. dikatakanya pula bahwa, hal ini terbukti bahwa perjuangan Kemerdekaan Papua barat sudah tidak sejalan dan seiring namun sangat bertolak belakang dan masyarakatlah yang akan menjadi korban.

12 komentar:

  1. kalau hasil petemuannya seperti berita diatas, untuk apa kita mau berjuang. stop sudah bikin cape diri saja.

    BalasHapus
  2. kaka mervi, itu benar dari dulu sampai sekarang korban jatuh dimana-mana tapi tra merdeka. perjuangan macam apa ini.

    BalasHapus
  3. kita harus beterima kasih sama negara indonesia. karena tanpanya daerah kita papua ini tidak akan maju seperti yang sekarang ini.

    BalasHapus
  4. orang yang berjuang mengatasnamakan papua merdeka itu adalah orang-orang pembohong. cuma untuk cari uang saja itu.

    BalasHapus
  5. berjuang atas nama harga diri kita orang papua,tapi ketua umum KNPB lakukan hal yang najis.culik anak kecil untuk kasih puas hawa nafsu dunianya

    BalasHapus
  6. kakak itu sudah...kakak tau tong pu saudara yg tipu torang di luar to...beni wenda yang bilang berjuang utk papua ternyata dia habiskan tong pu uang yang tong minta2 untuk sumbangan perjuangan papua., dia pake utk dia pu senang-senang di luar sana... sa su tobat tra mau ksh sumbangan lg...lebih baik uang sa kumpul utk bangun rumah, buat sa pu anak2 sekolah...

    BalasHapus
  7. itu lg sa pu teman2 jg sudah tau beni wenda pu kerja di luar sana, ketemu deng pejabat2 di luar utk diri sendiri bukan utk perjuangan...

    BalasHapus
  8. tipu semua jang percaya dorang

    BalasHapus
  9. sampai kapan juga papua tetap bagian dari indonesia

    BalasHapus
  10. indonesia baru kitorang mau jadi apa,mau dijajah ulang dari orang luar,,apa kita sudah punya pertahanan dan keamanan sendiri yang cukup.apakah nannti nasib kita akan lebih baik dengan memisahkan diri dari indonesia atau lebih buruk lagi seperti timor leste,
    sekarang kalau kita mau maju orang papua.kita harus sekolah rajin,supaya bisa dapat hidup yang baik.orang kulit hitam akan dipakai jika ia pintar.salah satu contoh adalah presiden amerika serikat barak obama..
    kita akan lebih baik kalau kita mau berusaha dalam hal ini belajar,kalau malas sudah pasti ki akan begini begini saja..

    BalasHapus