Juli 13, 2018
0

suarasagu- Papua. Ketua DPR Papua, DR. Yunus Wonda SH, MH memberikan apresiasi atas kinerja TNI/Polri  yang memberikan rasa nyaman masyarakat atas kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok TPN-OPM di Nduga, yang sebelumnya telah melakukan pembunuhan terhadap satu keluarga, Kamis 12/07/2018.

Bahkan dirinya mendukung tindakan yang dilakukan aparat gabungan TNI-Polri untuk menangkap para pelaku kejahatan tersebut yang selama ini melakukan kekerasan terhadap warga non papua maupun papua di Nduga.

“Tindakan yang dilakukan oleh TNI-Polri ini harus kita dukung untuk menjaga keamanan warga dari ancaman dan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh TPN-OPM, tindakan ini sangat terpuji,” katanya.

Dirinya menambahkan tindakan yang diambil oleh TNI-Polri, pihaknya sudah mengikuti pasca penembakan terhadap satu keluarga non papua di Nduga, sebagai tugas utama TNI-Polri menjaga keutuhan negara Republik Indonesia serta melindungi masyarakat, pihaknya beri apresiasi bagaimana menjaga keutuhan negara ini agar tak ada gangguan dari dalam maupun luar.

Kelompok TPN-OPM ini perlu ditangkap dan mempertanggung jawabkan perbuatannya di mata hukum, TNI-Polri sangat professional dalam menangani konflik ini, sehingga dirinya yakin tidak akan ada korban jiwa dari masyarakat.

Beberapa cara sudah sering dilakukan untuk untuk merangkul para kelompok OPM ini, namun mereka sendiri yang tidak mau menerima tindakan-tindakan persuasive yang dilakukan oleh pemerintah, sehinga menurutnya dengan cara ini perlu dilakukan untuk merubah pemikiran dari kelompok TPN-OPM ini.

“sampai saat ini tidak ada korban, saya yakin dan percaya TNI-Polri dapat mengambil tindakan yang tidak merugikan masyarakat, karena markas TPN-OPM di Alguru sangat jauh dari pemukiman warga,” terangnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu takut dan resah karena sasaran penangkapan kepada kelompok TPN-OPM, bila perlu berikan informasi kepada aparat untuk membantu penangkapan terhadap kelompok TPN-OPM.

“Sebagai masyarakat Papua, mari kita doakan dan berikan dukungan kepada TNI-Polri, agar para pelaku pembunuhan dapat segera ditangkap dan mempertanggung jawabkan perbuatannya,” imbuh Yunus Wonda.

0 komentar:

Posting Komentar