Maret 09, 2017
0

Suarasagunews.- Papua.- INDONESIA adalah negara kepulauan dengan berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan, bahasa dan adat-istiadat, namun keseluruhannya merupakan satu persatuan. Akan tetapi saat ini timbul suatu permasalahan, yaitu melemahnya persatuan Indonesia karena adanya konsep separatis Papua dari Indonesia.

Permasalahan itu disebabkan beberapa faktor yaitu opini tentang perbedaan ciri fisik masyarakat di bagian pegunungan Papua Indonesia yang rata-rata berbeda adat-istiadat dan kultur dengan masyarakat bagian pantai. Tidak hanya itu, kehadiran orang papua pantai masuk dan orang luar papua ke wilayah pegunungan Papua, terkadang dianggap oleh masyarakat pegunungan Papua sebagai suatu bentuk penjajahan terhadap sumber penghidupan masyarakat Papua.

Hal tersebut berdampak pada persepsi masyarakat bahwa Papua adalah wilayah sendiri yang dihuni oleh orang asing. Sebenarnya opini tersebut menyebabkan timbulnya pemikiran bahwa Papua satu kesatuan sendiri dan terlepas dari Indonesia. Permasalahan mengenai pemanfaatan sumber daya alam juga menjadi salah satu pola pikir masyarakat yang salah apabila tanah Papua merupakan pulau yang hanya dimanfaatkan oleh Indonesia dan pihak luar negeri sebagai lahan tambang berbagai sumber mineral dan logam mulia.

Di samping itu, ketertinggalan dan lemahnya pendidikan di Papua memberi dampak kurangnya rasa nasionalisme terhadap NKRI, sehingga masih banyak masyarakat Papua yang kurang paham tentang kesatuan Indonesia dan lebih memilih ke pemisahan Papua dari Indoneisa.

Permasalahan itu memberikan pemikiran-pemikiran baru tentang “Mengapa Papua tidak merdeka saja, kalau sudah merdeka nantinya Papua tidak akan dijajah oleh pihak asing bahkan negara sendiri”. Pernyataan tersebut sampai saat ini menjadi dasar bagi beberapa masyarakat Papua dan merupakan faktor kuat meluasnya Organisasi Papua Merdeka (OPM).


Selanjutnya, mengapa Papua tidak merdeka saja? upaya melakukan musyawarah besar Papua tentang penyelesaian permasalahan Papua Barat adalah suatu usaha yang akan memberikan kesempatan bagi pihak-pihak pemisah Papua untuk mencari dukungan internasional dan sampai saat ini masih saja ada kelompok-kelompok kecil yang ingin mencari celah untuk memisahkan wilayah Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia namun sayangnya, Papua adalah wilayah teritorial yang sah dalam bingkai NKRI.


Author and editor            : Suara sagu team.-
Publish                           : Suara sagu.-

0 komentar:

Posting Komentar