Maret 24, 2017
0


Suarakitorangnews.- Sebanyak 155 pengikut/simpatisan kelompok Gerakan Separatis Papua Bersenjata atau yang biasa disebut kelompok TPN/OPM Wilayah Yambi-Sinak kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia senin/20/03/2017.

Kepada awak media bupati puncak Wilem Wandik mengatakan selama ini simpatisan TPN/OPM yang menjadi pengikut kelompok Lekagak Telenggen dan Gombanik Telenggen tidak mendapatkan apa-apa karena itu mereka menyatakan kembali ke pangkuan NKRI.

“Kami akan turun gunung dan kembali ke pangkuan NKRI,” begitu pernyataan mereka saat bertemu Bupati Kabupaten Puncak.

Bupati Puncak menyerahkan 1 (satu) lembar bendera Merah Putih kepada Utaringgen Telenggen dan ke 154 orang simpatisan TPN/OPM sebagai simbol telah kembalinya Kelompok TPN/OPM wilayah Sinak-Yambi ke Pangkuan NKRI.

Mereka juga meminta Pemda Kabupaten Puncak untuk dibangunkan rumah Honai Sehat.

Terkait hal tersebut, Pemkab Puncak akan menganggarkan untuk pembangunan Honai Sehat bagi 154 orang mantan simpatisan TPN/OPM tersebut dan akan dibangun oleh Pemerintah dalam hal ini aparat keamanan melalui program Karya Bakti TNI.


Dalam kesempatan yang didampingi Danramil 1714-04/Sinak Lettu Inf Yusuf Rumi, mereka juga minta jaminan keamanan kepada aparat keamanan TNI/Polri karena merasa terancam oleh kelompok TPN/OPM Pimpinan Lekagak Telenggen dan Gombanik Telenggen.

Penulis : suarasagu team

0 komentar:

Posting Komentar