April 29, 2016
0
Suarasagunews.com.-Masyarakat adat sentani kamis 28 april 2016 melakukan aksi Demo damai dikantor DPRD kabupaten Jayapura sentani.

Pada aksi Demo itu masyarakat adat sentani meminta kepada DPRD kabupaten Jayapura untuk segera menindak lanjuti surat pernyataan yang telah disampikan oleh perwakilan dari pendemo.

Dalam surat pernyataan itu, terdapat beberapa permintaan dari masyarakat adat sentani kepada DPRD kabupaten Jayapura. isi dari surat pernyataan itu adalah, masyarakat adat sentani meminta kepada DPRD kabupaten jayapura untuk segera membuat peratura daerah tentang penertiban penduduk masyarakat gunung yang berdomisili diwilayah kabupaten jayapura sentani.

Koordinator aksi demo damai itu pada orasinya menyampaikan bahwa, ketika suatu permasalahan terjadi entah itu kasus pembunuhan, pencurian, perampokan, dll, pelakunya adalah orang gunung yang juga tergolong dalam anggota KNPB yang bermarkas diwilayah sentani kota itu.

Aksi demo damai itu juga berkaitan dengan kasus penganiayaan yang dilakukan oleh masyarakat gunung terhadap seorang perempuan dari suku sentani yang hendak pergi mencari makan diwarung, tiba-tiba ia dihadang oleh masyarakat gunung dan meminta uang kepadanya. Karena perempuan dari suku sentani ini tidak memberikan uang maka masyarakat gunung langsung mengejarnya dan sempat menghajar perempuan dari suku sentani itu. masyarakat suku sentani tidak menerima perlakuan dari masyarakat gunung itu, maka masyarakat sentani langsung berkumpul dan menyerang masyarakat gunung. Ia juga menambahkan bahwa dengan hadirnya kantor KNPB di wilayah sentani kota, sangat meresahkan masyarakat dan juga semua kasus-kasus yang terjadi pasti pelakunya adalah orang gunung  yang berstatus anggota KPNB.

0 komentar:

Posting Komentar