November 12, 2015
0
Suarasagunews.com- Rabu, 13 November 2015.  Kelompok criminal bersenjata (KKB) atau biasanya lebih dikenal dikalangan masyarakat dengan sebutan nama Tentara Pembebasan Nasional (TPN) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali melakukan aksi-aksi yang mengatasnamakan perjuangan kemerdekaan Papua. Seperti yang telah diketahui oleh masyarakat bahwa, Tanah Papua ini adalah bagian dari NKRI dan Papua ini secara fakta adalah termasuk darah yang paling aman. Namun sejalan dengan itu, muncul sekelompok orang yang dengan sengaja mau memecah belah Papua dari NKRI seperti yang terjadi di kabupaten lany jaya distrik pirime, papua  beberapa waktu lalu. Enden Wanimbo sosok yang dikenal sebagai pentolan kekerasan di papua, kembali melakukan aksi-aksinya dengan cara mengirim surat kepada  pemerintah daerah kabupaten lany jaya dan salah satu perusahan yang sedang beroperasi di puncak jaya itu isi suratnya seperti berikut :
                                  
                                 DARI
                        ENDEN WANIMBO
                            TPN / OPM

DILARANG BONGKAR JALAN DARI PIRIME KE BALINGGA SAMPAI DI KUBURAN BAPA YAWI WENDA JANGAN LEWAT KALAU LEWAT SAYA AKAN BAKAR ALAT-ALAT KERJA SAYA TEMBAK PEKERJA JALAN DAN SEGERAH JAWAB PERMOHONAN KAMI

          ENDEN WANIMBO

Dikutip dari surat tersebut diatas yang artinnya bahwa, selama ini yang menjadi penghambat pembangunan di Papua adalah kelompok-kelompok tersebut yang mengatasnamakan perjuangan kemerdekaan papua demi memperkaya hidup sendiri. Kepercayaan masyarakat terhadap perjuangan papua merdeka sudah tidak ada sehingga dana yang diperoleh sebelumnya dari masyarakat sudah tidak ada, maka salah satu jalan untuk mendapatkan uang adalah dengan cara-cara kekerasan. Disisi lain ada organisasi papua merdeka yang selalu mengemis kepada pemerintah demi mendapatkan uang ada juga yang menolak menerima bantuan dari pemerintah hal ini sangat membingungkan masyarakat dan masyarakat semakin tahu bahwa para pejuang kemerdekaan papua itu hanya mengatasnamakan papua merdeka demi memperkaya hidup mereka.


0 komentar:

Posting Komentar